Social Icons

Pages

Minggu, 30 September 2012

Metode Cooperative Sript

             Metode mengajar adalah cara mengajar atau cara menyampaikan materi pelajaran kepada siswa yang kita ajar. Macam-macam metode mengajar antara lain: ceramah, ekspositori, tanya jawab, penemuan.
Ceramah adalah suatu cara penyampaian (memberikan) informasi secara lisan terhadap siswa didalam ruangan tertentu, siswa mendengarkan dan mencatat seperlunya. Metode ceramah lebih sesuai pada bidang non eksakta karena dianggap paling praktis. Pada metode ceramah pengajaran berpusat pada guru, sebab guru lebih banyak berbicara/menyampaikan materi.
Metode ekspositori memiliki kesamaan dengan metode ceramah, karena sifatnya memberi informasi, Beda ekspositori dari ceramah adalah dominasi guru dikurangi. Dalam metode ekspositori guru memberi informasi hanya pada waktu-waktu tertentu yang diperlukan siswa, misalnya pada awal pengajaran, atau untuk suatu topik yang baru.
Guru dituntut sebagai agen pembelajaran yang mampu berperan sebagai fasilitator, motivator, pemacu dan pemberi inspirasi belajar bagi siswa. Masalah yang berkaitan dengan guru dalam proses pembelajaran, rendahnya komitmen guru, rendahnya motivasi dan kinerja guru. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar guru, kemampuan memilih metode dan teknik yang tepat dalam PBM akan memberikan pengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa.
Faktor kemampuan menggunakan teknik yang efektif dalam pembelajaran hendaknya menjadi pertimbangan utama dari guru dalam persiapan PBM. Berdasarkan fenomena tersebut penulis ingin memperkenalkan dan meneliti salah satu teknik pembelajaran sebagai alternatif bagi guru dalam memilih teknik pembelajaran, Teknik tersebut "cooperative learning', Berdasarkan uraian diatas dapat diidentifikasi berbagai permasalahan. Diantaranya:
  1. Motivasi siswa sangat kurang dalam proses belajar mengajar
  2. Kurang kreatifnya siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat
  3. Selama proses belajar mengajar interaksi antar siswa belum terlihat
  4. Belum tergambar kepercayaan diri dan menghargai pendapat orang lain
  5. Siswa kurang mengetahui materi pembelajaran, sehingga tingkat keberhasilan siswa juga rendah
Motivasi merupakan suatu kekuatan yang tersembunyi di dalam diri seseorang yang mendorong untuk berbuat dengan cara tertentu, Donnelly, Gibson dan Ivan Cevich (1995:302) menyatakan bahwa motivasi sebagai dorongan untuk mendptakan kondisi yang menggambarkan tentang kehendak, harapan, dorongan dan langkah-langkah. Senada dengan pendapat tersebut Weihrich dan Koontz (1998:462) mengemukakan bahwa motivasi adalah semua bentuk dorongan yang menggerakan segala langkah/cara, keinginan, kebutuhan, harapan, kehendak. Menurut Stephan (1992:45), motivasi adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan kemampuan yang ada untuk memuaskan kebutuhan.
Dalam proses pembelajaran, kita butuh pengajaran yang berbeda, karena individu (siswa) yang kita hadapi mempunyai banyak perbedaan, Menurut pendapat (Ee. Jessie, 2006) mengenai pembagian pembelajaran yaitu:
  1. Different learning styles (perbedaan gaya belajar)
  2. Multiple intelligence (tingkat intelegensi berbeda
  3. Different ability levels (tingkat kemampuan berbeda)
  4. Different interest (minat berbeda)
  5. Different readines (kesiapan belajar berbeda)
Salah satu metode yang cocok untuk pembelajaran sekarang adalah metode cooperative script. Cooperative script (skrip kooperatif) adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative script sebagai berikut:
1.      Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.      Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
3.      Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukan ide-ide pokok dalam ringkasan.
4.      Guru dan siswa menetapkan yang pertama berperan sebagai pembicara.
5.      Bertukar peran.
6.      Kesimpulan guru.
7.      Penutup.
Kelebihan pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative script sebagai berikut:
  1. Melatih pendengaran, ketelitian/kecermatan.
  2. Setiap siswa mendapat peranan.
  3. Melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan.
Kekurangan pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative script sebagai berikut:
  1. Hanya digunakan untuk mata pelajaran tertentu.
  2. Hanya dilakukan dua orang (tidak melibatkan seluruh kelas sehingga koreksi hanya sebatas pada dua orang tersebut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FREE DOWNLOAD

  • Media Audio Visual
  • Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkah Pembelajaran Q...
  • Konsep Dasar Quantum Reading
  • Evaluasi Pembelajaran Membaca dengan Penerapan Qua...
  • Media Pembelajaran Quantum Reading
  • Jenis dan Ragam Drama
  • Manfaat dan Pengembangan Audiolingual Drama
  • Metode Audiolingual Drama
  • Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
  • Metode Cooperative Sript
  • Kelebihan dan Kekurangan Metode Discovery
  • Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Discovery
  • Metode Discovery
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE JIGSAW
  • LANGKAH-LANGKAH METODE JIGSAW
  • Lima Unsur Pembelajaran Cooperative Learning
  • METODE JIGSAW
  • Metode Quantum Writing
  • Langkah-langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Met...
  • Metode Resitasi
  • MODEL PEMBELAJARAN
  • Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Invest...
  • LANGKAH-IANGKAH GROUP INVESTIGATION
  • PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
  • Quantum Teaching
  • Langkah Pembelajaran K-W-L
  • Tujuan dan Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • Strategi K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • PENERAPAN TEKNIK ALFA PADA KOMPETENSI DASAR MENULI...
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK ALFA
  • TEKNIK ALFA
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
  • TEKNIK DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION START...
  • KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TEKNIK DISCUSSION STARTER...
  • TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY
  • Kekuatan dan Kelemahan Teknik SQ3R
  • Teknik Membaca SQ3R
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK LNKUIRI
  • JENIS DAN TUJUAN PENGGUNAAN TEKNIK INKUIRI
  • TEKNIK PENGAJARAN INKUIRI
  • Teknik Tell Me What You See
  • Skripsi Bahasa Indonesia
  • Daftar Judul Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Terbaru
  • Free Download Skripsi Bahasa Indonesia
  • Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia
  •